Pasang Rangka Atap Baja Ringan Untuk Rumah,Sekolah dan Gedung

BERAKHIRNYA RANGKA ATAP KAYU
Kayu sudah semakin sulit di dapat, dan kwalitasnya pun sudah semakin buruk selain mudah di makan rayap dalam waktu yang cukup lama.

PILIHAN SAAT ini RANGKA ATAP BAJA RINGAN. Rangka atap baja ringan untuk rumah naik daun saat ini. Baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara dengan baja konvensional. Rangka atap baja ringan dibuat untuk memudahkan perakitan dan konstruksi. Meskipun tipis baja ringan mempunyai derajat kekuatan tarik 550 mpa, sementara baja biasa / konvensional sekitar 300 mpa.Kekuatan tarik dan tegangan ini untuk penggantian bentuknya yang tipis.

Di Indonesia ketebalan baja ringan berkisar dari 0,4 – 1 mm.

ADA BERAPA BAGIAN / ELEMEN DARI BAJA RINGAN?
Rangka atap baja ringan mempunyai beberapa elemen yaitu:

Kuda kuda
Reng
Jurai Dalam
Plat Diafragma
Screw

Kuda kuda merupakan struktur utama dalam konstruksi atap baja ringan. Untuk mendapat kuda kuda yang kokoh, cermati lebar bentangan dan besar beban yang akan diterima dan derajat kemiringan atap. Ketebalan material baja ringan untuk kuda kuda dan web berkisar 0,5 – 1 mm, sementara untuk reng antara 0,4 – 0,7 mm.

KENAPA RANGKA ATAP / KUDA2 SEKARANG BANYAK YANG MENGGUNAKAN BAJA RINGAN?
Rangka atap baja ringan menjadi pilihan dikarenakan sifatnya yang tahan terhadap karat, anti rayap, tidak membesarkan api, ringan dan pemasangannya yang relative cepat.

Selain itu juga karena makin sulit didapatkan material kayu dengan kwalitas yang baik.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN

KELEBIHAN
Rangka atap baja ringan memiliki beberapa kelebihan. Berikut adalah poin poin kelebihannya.

Karena bobotnya yang ringan maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur dibawahnya lebih rendah.
Baja ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustible).
Konsumen tidak perlu khawatir baja ringan dimakan rayap.
Karena sifat materialnya ringan dan mudah dirakit, bila dibandingkan rangka kayu pada luasan yang sama, pemasangan kerangka atap baja ringan dilapangan relative lebih cepat.
Baja ringan nyaris tidak mempunyai nilai muai susut.

KEKURANGAN
Adapun kekurangannya ada pada poin poin berikut:

Kerangka rangka atap baja ringan tidak dapat di ekspos seperti rangka kayu, system rangkanya yang berbentuk seperti jarring kurang menarik bila tanpa penutup/plafon.
Karena strukturnya yang seperti jarring ini maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya.
Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil. Pada konstruksi atap yang berbentuk bundar akan lebih mudah bila konstruksinya menggunakan rangka kayu.

APAKAH AMAN MENGGUNAKAN RANGKA ATAP DARI BAJA RINGAN?
Rangka atap dari baja ringan aman untuk dipergunakan mengingat materialnya yang terbuat dari baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara dengan baja konvensional.

Meski tipis baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik 550 mpa, sementara baja biasa sekitar 330 mpa.

Untuk menghitung kekuatan struktur maka dipergunakan Software khusus dengan mempertimbangkan factor factor seperti:
Berat material itu sendiri termasuk berat reng.
Beban dari pada atap penutup yang akan dipergunakan.
Beban air hujan.
Beban Angin
Beban orang
Berat penutup plafon
Perhitungan pembebanan ini mengacu kepada Pedoman Perencanaan Pembebanan Untuk Rumah dan Gedung SKBI 1987.

APAKAH SOFTWARE UNTUK RANGKA ATAP BAJA RINGAN ITU?
Software yang dipergunakan untuk menganalisa kekuatan struktur rangka atap baja ringan menggunakan software khusus, jadi tidak sembarang software dapat dipergunakan. Karena perilaku strukturnya yang berbeda, struktur rangka atap baja ringan tidak dapat dihitung menggunakan software untuk menghitung konstruksi baja konvensional ataupun konstruksi kayu semisalnya dengan mempergunakan software SAP yang banyak dipergunakan untuk menghitung struktur bangunan. Hal tersebut dikarenakan perilaku struktur dan standar peraturan yang digunakan dalam masing masing software sudah jelas berbeda.

Software untuk menghitung kekuatan struktur dari pada baja ringan sangat mempertimbangkan analisa pembebanan baik itu beban mati, beban hidup, beban sendiri, beban angina, beban plafond, dan beban beban lainnya yang bekerja pada suatu struktur baja ringan. Semakin detail hasil suatu software struktur baja ringan akan semakin menjamin kekuatan dari pada struktur baja ringan itu sendiri. Hasil dari pada software baja ringan yang perlu diperhatikan adalah jumlah screw setiap titik buhul kuda kuda baja ringan, besarnya beban pada setiap tumpuan kuda kuda, jenis dan ketebalan baja ringan yang digunakan, besarnya beban genteng dan beban plafon yang dipergunakan, besarnya lendutan ijin yang terjadi, dan sebagainya.

JENIS PENUTUP APAKAH YANG BISA DIGUNAKAN PADA STRUKTUR RANGKA ATAP BAJA RINGAN?
Sama seperti rangka atap kuda kuda kayu maka rangka atap kuda kuda baja ringan pun mampu dipasangi genteng dengan berbagai macam jenis dan berat gentengnya. Untuk menghitung kemampuan strukturnya maka dipergunakan Software khusus yang mana beban dari pada genteng sudah dimasukkan sebagai perhitungan pembebanan.

APAKAH ADA PERBEDAAN HARGA UNTUK RANGKA BAJA RINGAN YANG MEMPERGUNAKAN GENTENG BETON DAN GENTENG METAL?
Tentunya ada perbedaan dari penggunaan antara ke 2 jenis genteng tersebut diatas. Genteng metal memiliki berat lebih ringan apabila dibandingkan dengan genteng beton. Kebutuhan profil apabila didesign dengan genteng metal tidak sebanyak dan setebal apabila menggunakan genteng beton atau keramik. Perbedaan banyaknya kebutuhan bahan dan perbedaan variasi ketebalan profil baja ringan pada jenis genteng metal atau genteng beton, tentu saja mempengaruhi harga jual suatu konstruksi rangka atap baja ringan. Jadi sangat lah wajar apabila harga konstruksi baja ringan yang didesign menggunakan genteng metal lebih murah dari pada yang menggunakan genteng beton / keramik dengan bangunan atau bentuk atap yang sama.

APA SAJA YANG MEMPENGARUHI SUATU HARGA STRUKTUR BAJA RINGAN?
Faktor factor yang mempengaruhi harga adalah panjang bentangan antar ring balok, bentuk atap, jenis penutup atap. Pajang bentangan antar ring balok tentunya mempengaruhi harga dikarenakan semakin panjang bentangnya maka semakin membutuhkan kekuatan yang diwakili oleh ketebalan dari pada profil, semakin tebal pasti semakin mahal. Bentuk atap bangunanpun berpengaruh terhadap harga karena bentuk atap limasan dan mempunyai jurai dalam pasti lebih membutuhkan bahan lebih banyak dibandingkan dengan model atap pelana yang sederhana. Jenis penutup atap yang lebih berat (beton) pasti membutuhkan struktur yang lebih kuat dengan profil lebih tebal dibandingkan dengan jenis penutup atap metal.

PELAPISAN PADA BAJA RINGAN MENGGUNAKAN GALVANIS DAN GALVANIS-ALUMUNIUM, APAKAH PERBEDAAN DARI KEDUA ISTILAH TERSEBUT?
Istilah galvanis atau galvanis-alumunium dipakai untuk membedakan jenis lapisan atau coating pada baja ringan. Galvanis adalah istilah untuk baja ringan yang diberi lapisan seng (zinc). Untuk galvanis 90% unsure coatingnya adalah seng.

Galvanis-Alumunium merupakan sebutan untuk pelapisan yang mengandung unsure alumunium dan zinc, dilapangan banyak yang menyebutnya Zinc-Alumunium. Beberapa produsen mengclaim bahwa pada tebal pelapisan yang sama, Galvanis-Alumunium memiliki ketahanan terhadap karat yang lebih tinggi ketimbang galvanis.

Untuk menyamai kekuatan Galvanis-Alumunium menahan karat, maka pelapisan pada galvanis dibuat lebih tebal. Seperti juga produk material lainnya, dipasaran beredar berbagai macam kelas material, pilihlah baja ringan dengan mutu material prima yang sudah teruji dilapangan.

ADA BERAPA JENIS PROFIL DARI PADA BAJA RINGAN?
Umumnya yang beredar dipasaran, profil atau bentuk dari baja ringan adalah:
Profil C
Profil U atau Hat Section
Profil Z

APAKAH PERBEDAAN ANTARA PROFIL C DAN U?
Pada Profil C elemen dari pada rangka atap baja ringan adalah kuda kuda, reng, screw dan jurai dalam. Sedangkan pada profil U adalah kuda kuda, reng, screw, jurai dalam dan plat diafragma.

Plat Diafragma ditaruh di bawah profil U dengan menggunakan 4 buah screw, fungsinya untuk mencegah terjadinya momen puntir yang menyebabkan terjadinya deformasi pada batang kuda kuda.

PASANG RANGKA ATAP BAJA RINGAN / canopy baja ringan di 0818653006

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Karawang - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz